Tips Paskah

Aneka Kegiatan PASKAH

Hari PASKAH tidak selalu harus diisi dengan kegiatan yang berhubungan dengan telur. Banyak kegiatan bermanfaat lainnya yang dapat Anda dan anak-anak lakukan. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa menjadi sebuah kegiatan yang berarti bagi Anda dan anak-anak.

1. Pertimbangkanlah untuk beribadah di alam terbuka pada waktu matahari terbit. Tentukanlah sebuah tempat di luar rumah atau luar kelas sebagai tempat untuk membaca dan berdoa bersama keluarga atau murid-murid Anda sambil menyaksikan matahari terbit. Setelah itu rencanakanlah makan pagi bersama yang khusus.

Sejarah Membagi Telur pada Hari Paskah

"Mengapa gereja membagikan telur pada anak-anak SM pada hari PASKAH?"
Ternyata banyak orang Kristen bahkan guru SM yang kurang jelas
tentang sejarah membagi telur ini. Untuk Edisi Khusus PASKAH ini
Tips Mengajar akan diganti dengan penjelasan singkat tentang sejarah
membagi Telur PASKAH.

Tradisi membagi telur sebenarnya bukan tradisi gereja/Kristen (juga
jelas tidak disebutkan dalam Alkitab). Sebelum kekristenan muncul,
di negara 4 musim (Eropa) ada tradisi untuk merayakan datangnya
musim-musim. Dewa musim Semi, yang bernama "Eostre" adalah dewa yang

Permainan Kelinci Paskah

Alat : kaleng soft drink, kerikil, sapu tangan

Partisipan : perseorangan

Waktu : 15 menit

Isikan kerikil ke dalam kaleng soft drink, bekas. Tunjuklah 3 orang partisipan, lalu ajak sisa partisipan untuk berdiri membentuk lingkaran. Di antara 3 partisipan tadi, tentukan seorang yang akan menjadi serigala. Sedangkan sisanya menjadi kelinci paskah. Berikan kaleng soft drink pada mereka lalu tutup mata ketiga orang itu.

Metode dalam Mengajarkan Kematian Yesus: "Boomm Kejutan di Awal Cerita"

Salah satu teknik membuat anak-anak "tertarik" mendengarkan suatu cerita adalah dengan menyiapkan suatu "boomm kejutan", yaitu aktivitas, acara, ilustrasi, bunyi-bunyian atau cerita pendahuluan. Itu semua akan membuat anak "tertarik" dan mendengarkan dengan tekun cerita berikutnya. Teknik ini juga penting dipakai untuk mengakhiri suatu cerita agar terus meninggalkan kesan yang mendalam.