Istilah-Istilah Dalam Perayaan Paskah
Tab primer
# Triodion — periode 70 hari sebelum Paskah
# Septuagesima — hari Minggu ke-9 sebelum Paskah
# Saturday of Souls — 57 hari sebelum Paskah
# Sexagesima — hari Minggu ke-8 sebelum Paskah
# Quinquagesima — hari Minggu ke-7 sebelum Paskah
# Senin Biru — hari sebelum Shrove Tuesday.
# Rabu Abu — 46 hari sebelum Paskah
# Sabtu Lazarus — 8 hari sebelum Paskah
# Minggu Palem — 7 hari sebelum Paskah
# Kamis Putih- 3 hari sebelum Paskah
# Jumat Agung — 2 hari sebelum Paskah
# Sabtu Suci - sehari sebelum Paskah
# Paskah
# Oktaf Paskah — hari Minggu setelah Paskah
# Asensi — 39 hari setelah Paskah
# Pentakosta — 49 setelah Paskah (hari ke-50 setelah Paskah)
# Minggu Trinitas — 56 hari setelah Paskah (ritus Barat)
# Hari Para Orang Kudus — 56 hari setelah Paskah (ritus Timur), dalam ritus Barat tanggalnya adalah 1 November
# Corpus Christi — 60 hari setelah Paskah
Masa Pra-Paskah adalah masa yang mendahului Paskah. Masa ini mencakup empat puluh hari sebelum Kamis Putih.
Kalau Paskah memperingati kebangkitan Yesus setelah kematiannya di salib, masa Pra-Paskah berhubungan dengan persiapan Pekan Suci, yang memperingati kejadian yang menuju ke penghukuman Yesus oleh Kekaisaran Romawi. Ini terjadi di tahun 29 masehi.
Ada empat puluh hari dalam masa pra-paskah yang ditandai dengan berpantang dari makanan dan kenikmatan, dan sikap penyesalan lainnya.
Pekan Suci adalah pekan (tujuh hari) dari yang berakhir pada Minggu Paskah. Pekan ini dimulai dari Minggu Palma, lalu dilanjutkan dengan Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci, baru kemudian puncaknya adalah perayaan Paskah
Jumat Agung adalah Hari Jumat sebelum Minggu Paskah, hari peringatan Penyaliban Yesus Kristus dan wafatNya di Golgota.
Berdasarkan rincian kitab suci mengenai Pengadilan Sanhedrin atas Yesus, dan analisis ilmiah, peristiwa penyaliban Yesus sangat mungkin terjadi pada hari Jumat, namun tanggal terjadinya tidak diketahui dengan pasti, dan akhir-akhir ini diperkirakan terjadi pada tahun 33 Masehi, oleh dua kelompok ilmuwan, dan sebelumnya diperkirakan terjadi pada tahun 34 Masehi oleh Isaac Newton via perhitungan selisih-selisih antara kalender Yahudi dan kalender Julian dan besarnya bulan sabit.
Kebaktian Malam Paskah adalah kebaktian yang diadakan di kebanyakan gereja Kristen sebagai perayaan resmi pertama untuk merayakan kebangkitan Yesus. Pada masa lalu, di kebaktian inilah anak-anak menerima baptisan dan orang-orang dewasa menjalankan katekumen. Kebaktian ini dapat diadakan pada waktu setelah matahari tenggelam pada Sabtu Suci hingga matahari terbit pada Minggu Paskah, namun umumnya diadakan pada Sabtu sore.
Di Gereja Katolik Roma, Gereja Anglikan, dan gereja-gereja Ortodoks, kebaktian ini merupakan kebaktian yang terpenting di dalam kalender liturgi gereja dan juga merupakan sakramen Perjamuan Kudus yang pertama selama masa Paskah, yang ditandai dengan penyanyian Alleluia, yang merupakan kekhasan liturgi gereja selama masa Paskah.
Minggu Paskah adalah perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen. Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai "anak domba Paskah" bangkit dari antara orang mati pada hari Paskah. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus.
Paskah merupakan perayaan tertua di dalam gereja Kristen, penghubung antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Paus Leo Agung (440-461) menekankan pentingnya Paskah dan menyebutnya "festum festorum" - perayaan dari semua perayaan, dan berkata bahwa Natal hanya dirayakan untuk mempersiapkan perayaan Paskah.
Menurut tradisi Sinoptik, Paskah menunjuk pada Perjamuan Kudus, yang didasari dari Perjamuan Malam, perjamuan perpisahan antara Yesus dan murid-murid Yesus. Pada malam itu sebelum Yesus dihukum mati, Yesus memberikan makna baru bagi Paskah Yahudi. Roti dilambangkan sebagai tubuh Yesus dan anggur dilambangkan sebagai darah Yesus, yaitu perlambangan diri Yesus sebagai korban Paskah. Rasul Yohanes dan Paulus-lah yang mengaitkan kematian Yesus sebagai penggenapan Paskah Perjanjian Lama (Yesus wafat pada saat domba-domba Paskah Yahudi dikorbankan di "kenisah" atau Bait Allah). Kematian dan kebangkitan Yesus inilah yang kemudian diasosiasikan dengan istilah Paskah dalam kekristenan.
Karena Paskah dirayakan oleh gereja-gereja Kristen dengan suatu sakramen Ekaristi/Perjamuan Kudus, maka sakramen tersebut dapat pula disebut sebagai Perjamuan Paskah Kristen, atau Perjamuan Kudus Jumat Agung, yang berbeda dari Perjamuan Paskah Yahudi. Banyak gereja Kristen saat ini merayakan perjamuan tersebut lebih dari setahun sekali agar jemaat gereja selalu diingatkan akan peristiwa Paskah.
Di dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, kata Paskah disebutkan sebanyak 80 kali dalam 72 ayat sementara di dalam terjemahan BIS disebutkan sebanyak 86 kali dalam 77 ayat
Pekan Paskah atau Pekan Terang adalah pekan (tujuh hari) dari Minggu Paskah hingga Sabtunya (Sabtu Paskah). Pekan ini terkadang disalahartikan sebagai pekan sebelum Paskah, yang seharusnya disebut sebagai pekan Suci dan Sabtu Paskah terkadang juga disalahartikan sebagai malam Paskah, yang seharusnya disebut sebagai Sabtu Suci.
Hari pertama dalam Pekan Paskah adalah Hari Paskah atau Minggu Paskah, kemudian hari-hari berikutnya dapat disebut dengan Senin Paskah, Selasa Paskah, Rabu Paskah, Kamis Paskah, Jumat Paskah, Sabtu Paskah
Paskah, sebagai perayaan terpenting dalam kalender liturgi gereja, dirayakan selama seminggu penuh oleh Gereja Katolik Roma dan Gereja Anglikan, namun kaum awam biasa hanya merayakan Minggu Paskah dan Senin Paskah saja.
Senin Paskah adalah hari kedua dalam Pekan Paskah dalam kalender liturgi gereja Katolik Roma. Di gereja Ortodoks, hari ini disebut dengan Senin Terang, hari kedua dalam Pekan Terang. Di Kanada, pada hari ini orang-orang menyantap telur Paskah dan menikmati kegiatan di luar ruangan. Di Jerman, orang-orang pergi ke ladang pada pagi hari dan menyelenggarakan lomba telur Paskah. Di Guyana, orang-orang menerbangkan layang-layang, yang dibuat pada hari Sabtu Suci. Di Leicestershire, Inggris, orang-orang mengadakan lomba menendang botol. Di Belanda, orang-orang memakan perjamuan makan pagi lalu bersepeda atau mendaki gunung di pinggir kota.
Hari Oktaf Paskah, juga dikenal sebagai hari Minggu Thomas (terutama digunakan oleh gereja Ortodoks) atau Minggu Quasimodo adalah hari Minggu (hari kedelapan) setelah hari Minggu Paskah. Sejak 1970 Oktaf Paskah resmi disebut sebagai Minggu Kedua Paskah (merujuk pada Masa Paskah) di dalam Gereja Katolik Roma. Kata Oktaf menandakan perayaan selama delapan hari; hari kedelapannya disebut dengan "Hari Oktaf".
Masa Paskah atau Waktu Paskah adalah masa selama 50 hari sejak Minggu Paskah hingga hari Pentakosta. Masa ini dirayakan dengan perayaan yang penuh dengan sukacita, sebagai "hari Agung Tuhan". Setiap hari Minggu di dalam masa ini diperlakukan layaknya Minggu Paskah, yang disebut masing-masing dengan Minggu Kedua Paskah, Minggu Ketiga Paskah, dan seterusnya hingga Minggu Ketujuh Paskah, yaitu hari Minggu Pentakosta.
Disarikan dari Wikipedia Indonesia