Artikel

 Bahan Paskah lainnya dapat diakses di:live.sabda.org

Hal Menarik Dalam Paskah

Sering kita membaca di surat kabar kisah tentang pengorbanan besar yang dilakukan oleh seseorang yang didasari oleh hubungan keluarga atau oleh kebutuhan ekonomi -- misalnya mendonorkan salah satu organ tubuh mereka. Kita sering tersentuh oleh kisah pengorbanan itu. Demikian pula kisah kehidupan tokoh-tokoh yang berpengaruh di dunia. Mereka melakukan perbuatan-perbuatan yang menjadikan diri mereka termasyhur dan memberi inspirasi. Namun demikian, tidak pernah ada tokoh yang mati demi orang lain yang jahat.

Tiga Wanita dan Salib

Saat kita mempersiapkan hati kita untuk merayakan kebangkitan Tuhan kita pada hari Minggu ini, saya teringat dengan tiga wanita yang berdiri di sekitar salib Kristus -- para wanita seperti Anda dan saya. Meski kita mungkin tidak benar-benar mengetahui apa yang mereka pikirkan dan katakan, barangkali kita bisa membayangkan ....

Apakah yang dimaksud dengan PASKAH?

Kita seringkali bingung menentukan apakah yang dimaksud dengan Paskah itu adalah hari Jumat (kematian Kristus) ataukah pada hari Minggu (kebangkitan Kristus). Kebingungan kita akan bertambah dengan kemunculan 1 istilah yang lain, Jumat Agung, untuk merujuk pada perayaan kematian Kristus di kayu salib. Sebenarnya bahasa Inggris lebih jelas membedakan peristiwa kematian dan kebangkitan Kristus dengan 2 istilah yaitu passover (untuk kematian Kristus) dan easter (untuk kebangkitan Kristus).

Kemenangan Yesus PASKAH

Kemenangan Yesus selalu diperingati, terutama pada saat Paskah. Namun sering dipermasalahkan ada PASKAH JATUH TEPAT PADA HARI APA? JUMAT?? OR MINGGU??

Kadang ada yang mempermasalahkan mengenai hal ini. Dan, ada bermacam-macam pendapat orang tentang hari Paskah. Mari kita pelajari sedikit mengenai arti Paskah.

ARTI PASKAH

Dalam Bahasa Ibrani Paskah ditulis “PECACH” dan kemudian diIndonesiakan menjadi “PÈSAH”; Dalam Bahasa Aram “PACCHA‘”, yang berarti: melewati / passover.

Mengapa Yesus Harus Mati Disalib?

Penyaliban muncul dalam film-film berikut ini yang menggambarkan tentang Kristus atau orang-orang yang mengalami kematian mengerikan pada zaman Kristus: "The Robe", "King of Kings", "Quo Vadis?", "Spartacus", dan "Ben Hur". Film-film ini tidak pernah cukup dekat menggambarkan ngerinya penyaliban. Penggambaran modern terhadap hukuman mati tersebut tampak manusiawi, bahkan nyaris lembut, jika dibandingkan dengan yang sebenarnya.

Sudah Selesai (Bukan "Aku Sudah Tamat")

Sudah Selesai! "Sudah Selesai!" Tuhan Yesus mengucapkan kata-kata radikal yang mengubah kekekalan ini pada detik-detik terakhir-Nya di atas kayu salib (Yohanes 19:30). Darah-Nya yang berharga telah tertumpah. Harga penebusan manusia telah dibayar. Misi Yesus telah tercapai. Arti dan dampak dari kata-kata emas ini ("Sudah selesai") dengan kuat diringkas dalam ayat-ayat ini dari kitab Ibrani.

Apa Artinya Tidak Mengetahui Apa pun selain Kristus Yesus, yaitu Ia yang Disalibkan?

Salah satu bagian terpenting dari teologi adalah Kristologi, yang merupakan studi tentang pribadi dan karya Kristus. Dalam bidang studi itu, ketika kita ingin sampai pada aspek yang paling krusial, aspek yang bisa kita sebut "inti" dari hal pribadi dan karya Yesus, kita langsung menuju ke salib.

Pengharapan Akan Kebangkitan Jauh Melebihi Perayaan Paskah

Bahkan pada saat maut kelihatan, Kabar Baik tetap ada.

Saat pandemi COVID-19 mendatangkan penderitaan di seluruh dunia dan kematian banyak orang selama beberapa minggu terakhir ini, umat Kristiani dengan bersemangat menyambut hari Perayaan Paskah dengan pemberitaan janji akan hidup yang baru.

Halaman