Keselamatan Adalah Anugerah

 Bahan Paskah lainnya dapat diakses di:live.sabda.org

Oleh: Peserta Kelas Diskusi Paskah Maret 2011 - Poedjo Soetrisno

Roma 14:9; "Sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang mati, maupun atas orang hidup."

Inti kepercayaan dari keKristenan berbeda dari kepercayaan diluar Kristus.

Kalau dalam berbagai agama lain diluar Kristus keselamatan adalah hasil dari penilaian Allah atas perbuatan kita sebagai manusia dimana dalam hal ini diperhitungkan dosa yang dijabarkan sebagai perbuatan yang melanggar perintah atau hukum Allah dibandingkan dengan perbuatan amalnya yang dijabarkan sebagai perbuatan yang mentaati perintah atau hukum Allah, dan bila amal seseorang lebih banyak dari dosanya dikatakan orang tersebut diterima masuk Sorga sebaliknya bila dosa melebihi amalnya orang tersebut dihukum Allah dan masuk Neraka.

Didalam keKristenan, keselamatan adalah murni sebagai anugerah Allah bagi setiap orang yang bersedia menerima uluran tangan-Nya, keselamatan adalah karya Allah dalam penebusan yang dilakukan dengan sempurna oleh Tuhan Yesus yang meskipun tidak berdosa rela mati dikayu Salib untuk menebus dosa seluruh umat manusia.

Efesus 2:8; "Sebab kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman itu bukan hasil usahamu tetapi pemberian Allah."

2 Timotius 1:9; "Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus bukan berdasarkan perbuatan kita melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman."

Kristus telah mati untuk semua orang dan Kristus telah menang dan bangkit kembali dari kematiaan-Nya. Tentang kematian Tuhan Yesus Rasul Paulus dalam Roma 5:8; menulis "Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita oleh karena Kristus telah mati untuk kita ketika kita masih berdosa."

1Korintus 15:3; "Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu yaitu apa yang telah kuterima sendiri ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita sesuai dengan kitab suci."

Tentang Kebangkitan-Nya Rasul Paulus menggaris bawahi arti kebangkitan sebagai keberhasilan, kemenangan Kristus atas dosa.

1 Korintus 15:14, 17; "Tetapi andai kata Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sialah juga kepercayaan kamu... dan kamu masih hidup dalam dosa.

Dia bangkit dan hidup ini adalah pesan Paskah bagi setiap orang Kristen diseluruh dunia.

Karena Dia bangkit dan hidup maka setiap orang yang bersedia meneriam anugerah Allah dalam karya penebusan Tuhan Yesus akan diselamatkan dari murka Allah karena keselamatan bukan hasil usaha kita tetapi murni anugerah Allah. Amin

Dalam Kristus
Poedjo Soetrisno