Salib Tua yang Kasar (The Old Rugged Cross)

Pengarang-George Bennard, 1873-1958

Komponis-George Bennard, 1873-1958

Irama-Irregular dengan Chorus

"Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh." (1Petrus 2:24)

Jarang terjadi, ketika seorang pemimpin pujian menawarkan kepada jemaat di berbagai kongregasi untuk menyanyikan lagu favorit mereka tanpa menerima setidaknya satu permintaan untuk menyanyikan lagu "The Old Rugged Cross". Himne Kristen yang menjadi lagu sentimental favorit orang-orang Kristen maupun mereka yang belum diselamatkan ini, ditulis oleh George Bennard pada tahun 1913. Pada umumnya lagu ini diakui sebagai lagu terpopuler di antara lagu-lagu himne lain sepanjang abad dua puluh.

George Bennard dilahirkan di Youngstown, Ohio. Tetapi orang tuanya kemudian pindah ke Albia, Iowa dan kemudian ke kota Lukas di negara bagian yang sama. Di sinilah George muda menerima Kristus sebagai Juruselamat pribadinya. Setelah kematian ayahnya di saat ia belum genap berusia enam belas tahun, ia masuk ke Salvation Army. Bennard dan istri pertamanya melayani selama satu periode sebagai staf di organisasi ini.

Alhasil, Bennard kemudian ditahbiskan menjadi anggota Methodist Episcopal Church (Gereja Metodis Episkopal) di mana pelayanannya benar-benar disambut dengan sangat baik. Selama beberapa waktu ia sibuk dalam keterlibatannya memimpin pelayanan kebangunan rohani, khususnya di negara bagian Michigan dan New York. Suatu ketika, setelah kembali ke Michigan, ia mendapatkan suatu pengalaman yang membuatnya benar-benar merenungkan pentingnya salib dan apa yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus ketika ia berbicara tentang persekutuan dalam penderitaan Kristus. Ketika merenungkan kebenaran ini, ia semakin yakin bahwa ternyata salib lebih dari sekadar simbol keagamaan saja. Salib merupakan inti pokok dari penginjilan. George Bennard menuliskan perenungan yang melatarbelakangi himne itu sebagai berikut.

Aku mendapatkan inspirasi pada suatu hari di tahun 1913 ketika berada di Albion, Michigan. Aku mulai menulis "The Old Rugged Cross". Melodinya kususun terlebih dahulu. Kata-kata yang pertama kali kutulis tidaklah sempurna. Kata-kata dalam lagu itu aku taruh dalam hatiku untuk menjawab kebutuhan-kebutuhanku sendiri. Segera setelah itu, lagu itu diperkenalkan dalam suatu pertemuan istimewa di Pokagon, Michigan pada 7 Juni 1913. Kesempatan pertama di mana lagu itu diperdengarkan di luar gereja di Pokagon adalah di Chichago Evangelistic Institute. Di sana lagu itu diperkenalkan di hadapan banyak jemaat dan lagu itu segera menjadi lagu yang sangat populer di seluruh negeri.

Segera setelah menulis lagu ini, George Bennard mengirimkan salinannya kepada Charles Gabriel, salah satu komposer lagu-lagu penginjilan terkenal pada saat itu. Ramalan Gabriel bahwa Bennard akan segera terkenal lewat lagu ini, segera terbukti saat "The Old Rugged Cross" menjadi salah satu lagu yang paling dikenal, baik di dunia rohani maupun sekuler, di negara ini.

Bennard melanjutkan pelayanan penginjilannya selama empat puluh tahun lagi setelah menulis lagu ini. Dia juga menuliskan lagu rohani Kristen favorit lainnya tetapi tidak ada yang mampu mendapatkan respon seperti lagu "The Old Rugged Cross". Pada 9 Oktober 1958, ketika berusia delapan puluh lima tahun, Bennard menukar "salib"nya dengan "mahkota". Dia menghabiskan sisa hidupnya di "sisi jalan", beberapa mil utara Reed City, Michigan. Di dekat rumah ini masih tetap terdapat sebuah salib setinggi duabelas kaki dengan tulisan, "`The Old Rugged Cross`-- Rumah George Bennard, pengarang lagu kesayangan itu".

Memang perlu ditekankan bahwa kita tidak boleh menyembah salib melebihi Kristus yang berada di salib itu. Namun, seseorang tidak dapat mempertimbangkan kebenaran penebusan Kristus tanpa sungguh- sungguh memperhatikan inti dari peristiwa salib dalam rencana besar Allah untuk menyelamatkan manusia berdosa.(t/Ratri)

Sumber diterjemahkan dari:
Judul Buku : 101 Hymn Stories
Judul Artikel : The Old Rugged Cross
Penulis : Kenneth W. Osbeck
Penerbit : Kregel Publications, Grand Rapids, USA, 1982
Halaman : 254 - 256