Eggstravaganza

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Kita sering menggunakan telur, baik untuk permainan ataupun selingan di masa Paskah. Nah, di bawah ini adalah kumpulan metode kecil yang semuanya berkisar soal telur (Eggstravaganza). Banyak metode yang lucu dan menegangkan karena berkaitan dengan rasa ngeri apabila telur jatuh dan pecah. Kumpulan metode ini untuk dipakai dalam kesempatan permainan yang menuntut waktu banyak.

Bagilah peserta menjadi beberapa kelompok. Kemudian, setiap kelompok mengutus satu orang wakilnya. Semua wakil yang terkumpul diminta berbaris di belakang garis "Start." Setiap peserta mendapat sebuah telur yang diletakkan di depan garis "Start." Lantas, begitu tanda berbunyi semua harus mendorong telur masing-masing hanya dengan memakai hidung. Tangan dan bagian tubuh lain tidak boleh dipergunakan. Pemenangnya adalah dia yang dapat mencapai garis "Finish" terlebih dahulu. Jarak antara "Start" dan "Finish" lebih kurang 10-15 meter.

Bagilah peserta menjadi beberapa kelompok. Kemudian, setiap anggota kelompok mendapat satu buah sendok makan. Masing-masing kelompok diminta berdiri berderet. Kemudian berikan kepada masing-masing peserta yang berdiri di ujung kanan sebuah telur yang ditaruh di atas sendoknya. Dia harus meneruskan telur di sendoknya itu pada sendok milik teman di sebelah kirinya. Demikian terus hingga orang yang terakhir. Jika telur jatuh dan pecah, proses dimulai dari awal. Kelompok yang paling cepat meneruskan telur sampai ke ujung kiri dialah pemenangnya.

Bagilah peserta menjadi beberapa kelompok. Kemudian, setiap anggota kelompok mengutus dua orang wakilnya, satu pria satu wanita. Minta keduanya berdiri berhadapan dengan jarak 1 meter. Berikan telur kepada wakil wanita setiap kelompoknya. Ia harus melemparkan telur kepada pasangannya yang kemudian harus menangkap telur tersebut. Setelah wakil wanita melempar telur, ia harus mundur ke belakang satu langkah. Kemudian wakil pria harus melempar telurnya dan ditangkap oleh pasangannya; ia pun kemudian harus mundur ke belakang satu langkah. Demikian terus, hingga muncul pemenang, yaitu mereka yang dapat membuat jarak terjauh dengan telur yang tetap utuh.

Jika rangkaian Eggstravaganza ini dilangsungkan dalam suasana Paskah, isilah juga dengan acara mencari telur Paskah. Sembunyikan belasan atau puluhan telur Paskah di tempat-tempat tersembunyi di lingkungan gereja. Kemudian minta semua peserta mencari sebanyak mungkin telur. Pemenangnya adalah kelompok yang menemukan telur paling banyak.

Dalam suasana Paskah, setiap kelompok harus menghias telur-telur ayam yang sudah direbus dengan hiasan yang bertemakan Paskah. Telur yang sudah terhias dapat dinilai. Pemenangnya adalah kelompok yang dapat menghias telur paling bagus. Telur hiasan yang telah jadi dapat juga dijual kepada jemaat dan uangnya dapat disumbangkan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Setelah semua rangkaian Eggstravaganza usai, akhiri dengan makan bersama dengan menu yang terbuat dari telur.

Diambil dari: http://sabda.org/publikasi/icw/058/