Definisi Paskah
Tab primer
Definisi Paskah (diambil dari situs Sabda Alkitab), antara lain dari Kamus Gering, Kamus Alkitab, Kamus Haag, dan Strong.
Kamus Gering:
Pesta pertama dari ketiga pesta tahunan yang terbesar dari orang Ibrani, dirayakan dalam bulan Nisan dari tanggal 14 sampai 21. Sebagai peringatan tentang peristiwa malaikat maut ketika melalui rumah-rumah Israel hendak membunuh semua yang sulung di tanah Mesir (baik binatang maupun manusia), sebelum bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Keluaran 12:1-51; 13:13-10; 23:14-19; Imamat 23:4-14. Disebut juga “pesta roti tak beragi”. Domba Paskah disembelih sebagai membayangkan Kristus dan kesengsaraan-Nya. Paskah orang Kristen ialah Perjamuan Suci.
Kamus Kecil Alkitab:
Terjemahan Baru:
Perayaan pembebasan bangsa Israel dari Mesir. Anak-anak sulung orang Mesir dibunuh, tetapi pintu-pintu rumah orang Ibrani "dilewati" (Ibrani P`esah berarti: melewati). Peristiwa itu diperingati dengan mengadakan perjamuan Paskah di mana para peserta "makan Paskah" yaitu makan "korban Paskah" atau anak domba Paskah itu (Kel 12:23-28, Kel 12:43-51). Dalam Perjanjian Baru Yesus Kristus disebut "anak domba Paskah" (1Kor 5:7) atau "Anak Domba yang disembelih" (Wahy 5:6). Untuk Jemaat Purba hari Paskah mendapat isi baru, yaitu perayaan kebangkitan Tuhan.
Bahasa Indonesia Sehari-hari:
Hari perayaan peringatan pembebasan bangsa Ibrani dari perbudakan di Mesir. Pada hari itu malaikat kematian masuk rumah-rumah orang Mesir dan membunuh semua anak-anak sulung mereka, tetapi rumah-rumah orang Ibrani dilewati (Kel 12:23-27). Dalam bahasa Ibrani "Pesah" berarti "melewati". Hari raya ini jatuh pada tanggal 14 bulan Nisan, yaitu tanggal yang berdekatan dengan tanggal 1 April. Untuk jemaat Kristen yang mula-mula dalam Perjanjian Baru, hari Paskah ini mendapat isi baru, yaitu perayaan hidupnya kembali Tuhan Yesus dari kematian.
Kamus Haag:
- Bahasa Ibrani: pesakh
- Bahasa Aram: Pasgha
- Bahasa Yunani: Paskha
Arti dasarnya: meloncat. Dari situ timbul arti: meloncat di dalam kebaktian, menari, dan (dalam arti kiasan) Kel 12:13,23,27; Yes 31:5; melewati/menyayangkan.
-
Di Dalam PL. Naskah Alkitab yang tertua membangkitkan kesan, bahwa ritus Paskah sudah dilakukan sejak zaman --> Musa oleh suku bangsa Isr. (Kel 3:18; 8:21-24; 10:7-11,24,26 dan lain-lain). Penyelidikan ilmiah menemukan awal Paskah sebagai pesta musim semi dari para pengembara. Di dalam pesta itu mereka kurbankan dari kawanan ternak mereka (: kini masih dipertentangkan, apakah disitu dipersembahkan kurban --> hasil pertama). Darah binatang kurban dioleskan pada tiang pintu. Dagingnya dijadikan kurban selamatan bersama keluarga dan dimakan bersama roti yang tidak diberi ragi. Dari binatang kurban tidak ada tulang yang boleh dipatahkan (suatu pengertian apotropeis).
Isr. melangsungkan ritus itu, apabila mereka hubungkan pesta para pengembara dengan saat --> keluaran dari Mesir dengan menjadikannya peringatan karya keselamatan Yahwe. Perubahan pengertian pada arti sejarah keselamatan jelas-jelas dapat dinyatakan legitim (Kel 12:14,23,27,31). Meskipun undang-undang Kel 12:1-14 termasuk golongan tahap tradisi termuda dari Paskah (tradisi Imamat), tetapi di situ jelas tetap tersimpan ritus ibadat dalam bentuknya yang tertua: Bulan pertama dalam musim semi menurut kebiasaan para pengembara dianggap sebagai awal tahun (--> tanggalan).
Pesta itu dirayakan sebagai pesta keluarga. Di situ tidak dibicarakan tentang imam-jabatan. Setelah bangsa Isr. menetap hidupnya, mereka gabungkan minggu pesta roti tanpa ragi (--> Mazzot) pada malam Paskah. Tambahan ini berlawanan dengan Paskah para pengembara, sebab menyangkut sebuah pesta musim dari para petani (: perkembangan pesta itu bdk.: Kel 12:21-23 dengan Ul 16:1-8). Pada pemberian undang-undang menurut tradisi deuteronomis hilanglah sifat-sifat keluarga dan pengembara itu, sebab perayaan itu harus dilakukan di kenisah.
Di samping ternak kecil yang sampai detik itu merupakan satu-satunya binatang kurban yang diijinkan, kini diijinkan pula ternak besar. Perubahan itu nampaknya tidak berlangsung selamanya (Kel 12:1-14; Im 23:5-8; kebiasaan di Elefantin). Pada zaman setelah pembuangan orang merayakan Paskah dalam bentuk, di mana digabungkanlah undang-undang imamat dengan undang-undang Ulangan: Penyembelihan binatang kurban dilakukan di kenisah, diikuti selamatan kudus di kalangan keluarga atau di tengah kelompok hariannya, seperti yang dilakukan Yesus bersama para muridNya. Sejak hancurnya kenisah (70 sesudah Mas.), ritus para pengembara hanya dilakukan oleh orang-orang (-->) Samaria pada gunung Gerizim. Perjamuan selamatan pada bangsa Yahudi berubah bentuk dan mempunyai corak sebuah pesta makan Yunani atau Romawi: Pada saat makan daging domba, orang minum anggur (4 piala) dan orang makan rempah-rempah, buah rebus dan roti tanpa ragi.
Di tengah-tengah perjamuan makan dibacakan cerita Keluaran dan orang menyanyikan --> Hallel. Pada setiap perayaan itu setiap orang "dalam setiap zaman diwajibkan menangkap dirinya sedemikian rupa, seolah-olah ia sendiri pergi keluar dari Mesir" (Imamat 10:5), artinya: Karya keselamatan Tuhan di waktu lampau dihadirkan kembali di dalam Paskah dengan dihubungkan pada suatu harapan eskatologis. Dengan demikian perayaan Paskah mempunyai sifat sakramentil.
-
Di Kumran. Dari tanggalan pesta mereka, sudah jelas bahwa jemaat Kumran merayakan Paskah. Adapun tanggalan tersebut tidak cocok dengan tanggalan yang berlaku di kenisah Yerusalem dan jemaat Kumran menghindari setiap kontrak dengan kenisah, sehingga perayaan Paskah pasti tidak dimulai dengan penyembelihan domba Paskah menurut ritus resmi, melainkan digantikan dengan perjamuan selamatan kudus lainnya.
-
Di Dalam PB. Bagi tradisi sinoptik, Ekaristi adalah Paskah dalam PB, sebab perjamuan perpisahan Yesus dengan para muridNya (Mark 14:12-16 dsj.) ditangkap sebagai perjamuan Paskah. Sebaliknya bagi Paulus dan Yohanes Paskah PL dipenuhi di dalam wafat Yesus di salib (1Kor 5:7; Yoh 19:14,30-31 [Yesus wafat pada saat di Kenisah domba-domba Paskah disembelih] 36). Tradisi kedua ini berlangsung terus di dalam Gereja: Nama Paskah adalah untuk perayaan Paskah sebagai peringatan wafat Yesus dan kebangkitan-Nya. Tetapi, karena peringatan ini dilakukan secara sakramentil di dalam ekaristi, maka dengan syah ekaristi dapat dikatakan menjadi perjamuan Paskah dalam PB. --> Perjamuan Malam.
Strong:
Bahasa Yunani: pasca pascha
Pelafalan : pas'-khah
Asal Mula : bahasa Aramaik, xop
Jenis Kata : kb n (kata benda neuter)
Dalam Yunani : pasca 29x
Dalam NET : Passover 23x, Passover lamb 3x, feast of Passover 2x, Passover meal 1x
Dalam AV : Passover 28,x Easter 1x
Dalam TB :
Dalam BIS :
Dalam TL :
Hitung : 29x
Definisi :
1) korban paskah (yang biasa dipersembahkan sebagai peringatan keluarnya bangsa [Israel] jaman dahulu dari Mesir)
2) anak domba paskah, yaitu anak domba yang biasa dipotong dan dimakan orang Israel pada hari keempat belas bulan Nisan (bulan pertama penanggalan mereka) sebagai peringatan hari pada saat leluhur mereka, yang bersiap-siap meninggalkan Mesir, diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih dan memakan seekor domba, lalu menyapukan kedua tiang pintu mereka dengan darah domba tersebut, supaya sang malaikat pemusnah yang melihat darah itu melewati rumah itu; Kristus yang disalibkan disamakan dengan anak domba paskah yang disembelih itu.
3) perjamuan malam paskah
4) perayaan paskah, perayaan Hari Lewatnya Pemusnah, dirayakan mulai dari hari ke-14 hingga ke-20 bulan Nisan
berasal dari Khaldea (bandingkan dengan xop); Paskah (makan malam, hari, perayaan, atau korban persembahan khusus yang terhubung): dalam bahasa Inggris: Easter, Passover.
Bahasa Ibrani: xop pecach
Pelafalan : peh'-sakh
Asal Mula : from 06452, Greek 3957 pasca
Referensi : TWOT - 1786a
Jenis Kata : kb m (kata benda maskulin)
Dalam Ibrani : xoph 29x, xop 14x, Myxopl 3x, xopk 2x, Myxoph 1x
Dalam NET : Passover 33x, Passover lambs 4x, Passover sacrifices 3x, Passover lamb 2x, Passover animal 1x, Passover sacrifice 1x, Passover animals 1x, Passover celebration 1x, it 1x, Passover festival 1x, Passover offering 1x
Dalam AV : passover 46x, passover offerings 3x
Dalam TB :
Dalam BIS :
Dalam TL :
Hitung : 49x
Definisi :
1) paskah (yahudi)
1a) korban persembahan paskah (yahudi)
1b) korban binatang paskah (yahudi)
1c) perayaan paskah (yahudi)
dari xop / pacach; pembebasan; hanya digunakan di Paskah orang Yahudi (perayaan korban persembahan):-paskah (persembahan).
Yunani Terkait : -
Komentar
admin
Rab, 03/25/2009 - 14:32
Link permanen
Tambahkan
Silahkan tambahkan komentar jika anda punya sumber lainnya. Jangan lupa cantumkan sumbernya ya.