Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Paskah

Loading

Kisah Paskah di Yerusalem

Apabila dari tahun ke tahun guru-guru SM selalu menceritakan cerita tentang kematian dan kebangkitan Yesus dengan cara yang sama, maka tidak heran kalau anak menjadi bosan dan tidak lagi tertarik mendengar cerita yang telah mereka dengar berkali-kali itu. Nah, bagaimana menampilkan cerita PASKAH dengan cara lain? Berikut ini kami akan memberikan ide kepada guru-guru SM bagaimana memakai metode yang berbeda dari biasanya supaya anak menjadi lebih tertarik dan sekaligus lebih terlibat sehingga cerita PASKAH ini memberi kesan yang lebih mendalam bagi anak-anak.

Persiapan
---------

Sebelumnya ruangan kelas bisa didekorasi sedemikian rupa sehingga memberikan kesan seolah-olah anak-anak ada dalam sebuah kota kuno Yerusalem, kota dimana Tuhan Yesus Kristus diadili dan dihukum mati. Letakkan beberapa meja dan kursi untuk orang berjualan, atau tenda-tenda pedagang kaki lima. Bisa dipasang juga beberapa poster dengan tulisan yang kasar seperti: "Yesus, Raja Orang Yahudi!!", "Salibkan Dia, Salibkan Dia!". Di tempat lain pasanglah juga poster yang sedikit lebih besar dengan tulisan: "Kubur Yesus Kosong!!", "Yesus Sudah Bangkit!!", dll.

Selanjutnya anda bisa membuat beberapa kertas nama dengan tali yang akan digantungkan di leher beberapa anak, mis. nama-nama: Pilatus, Petrus, Yohanes, Ibu Yohanes, Yusuf Arimatea, Prajurit Romawi, Maria Magdalena, Malaikat dll. Pilihlah beberapa anak yang cukup berani dan mempunyai suara keras untuk memerankan orang-orang yang disebutkan di atas. Dalam hal ini guru akan memandu anak-anak, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada anak-anak yang telah ditunjuk tadi. Kalau perlu anak sudah dilatih lebih dahulu.

Pendahuluan
-----------

Perkenalkan kepada anak-anak seluruh kelas bahwa kelas mereka sekarang menjadi kota Yerusalem dan mereka adalah orang-orang yang sedang ada di kota Yerusalem. Sedangkan guru akan menjadi seorang reporter dari Televisi "Yerusalem" yang sedang mencari berita tentang apa yang terjadi di Yerusalem dan sekitarnya pada saat Tuhan Yesus bangkit. Agar kisah ini lebih menarik, anak-anak yang lain dapat berperan sebagai orang-orang yang ada di Yerusalem saat itu, misalnya pedagang di pasar, orang yang sedang berbelanja, berjalan-jalan dll.

Pelaksanaan
-----------

Kemudian guru berjalan berkeliling ruangan dengan membawa alat perekam video dan mikrofon yang dapat dibuat dari kotak kertas atau stirofom. Tanyakan pada anak-anak beberapa pertanyaan yang telah anda siapkan dan biarkanlah anak-anak menjawab menurut yang mereka tahu, bila ada yang salah anda dapat mengajukan pertanyaan pada anak yang lain sampai ada yang menjawab dengan benar. Buatlah suasana tanya jawab seperti seorang wartawan yang bertanya pada saksi mata atau penduduk Yerusalem yang melihat peristiwa tersebut.

Sebelumnya guru sudah mempersiapkan daftar pertanyaan yang akan ditanyakan pada anak-anak yang berperan menjadi penduduk Yerusalem. Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan:

1. [Reporter bertanya kepada salah seorang pedagang di pinggir jalan] Di semua sudut kota ini ada banyak poster dengan tulisan "Salibkan Dia", siapa sih pak orang yang disalibkan itu? dan mengapa?

2. [Kalau anak tidak bisa menjawab, reporter datang ke Pilatus dan bertanya] Pak Pilatus, anda pasti tahu karena anda adalah pejabat tinggi di sini, mengapa orang yang bernama Yesus itu disalib? Apakah kesalahannya? Apakah pantas ia dijatuhi hukuman mati?

3. [Reporter bertanya kepada Yohanes dan Ibu Yohanes] Pak Yohanes, anda kan muridnya Yesus, bagaimana perasaan anda melihat guru anda Tuhan Yesus dijatuhi hukuman mati dengan disalibkan?

4. [Reporter bertanya kepada Petrus] Pak Petrus anda kan juga muridnya Yesus, anda terkenal pemberani, mengapa tidak membela Yesus ketika ia dijatuhi hukuman mati? Dimana anda waktu Yesus disalib?

5. [Guru bertanya kepada Yusuf Arimatea] Pak Yusuf, kami dengar anda lah yang meminta untuk menurunkan mayat Yesus ketika Ia sudah mati di atas kayu disalib, mengapa? Anda bawa kemana mayat Tuhan Yesus itu?

6. [Reporter bertanya kepada Prajurit Romawi yang menjaga kubur Tuhan Yesus] Pak prajurit, menurut Pak Yusuf Arimatea, andalah yang disuruh menjaga kubur Tuhan Yesus, apakah betul? Mengapa kubur Yesus perlu dijaga? Apakah anda tertidur ketika menjaga kubur Tuhan Yesus?

7. [Reporter bertanya kepada Maria Magdalena] Ibu Magda, apakah betul anda orang pertama yang datang menjenguk ke kubur Tuhan Yesus pagi tadi? Mengapa anda ke kubur Tuhan Yesus? Apakah yang anda bawa ketika anda mengunjungi kubur Tuhan Yesus? Apakah anda menemui mayat Tuhan Yesus?

8. [Reporter bertanya kepada malaikat] Pak Malaikat, mengapa anda ada di kubur Tuhan Yesus pagi tadi? Mengapa Tuhan Yesus bangkit? Apakah anda tahu dimana Tuhan Yesus sekarang?

9. [Pada bagian akhir dari wawancara dengan penduduk Yerusalem itu, reporter bisa menanyakan kepada beberapa anak sambil menunjuk kepada beberapa poster] Jadi apakah bunyi poster ini betul, bahwa Yesus telah bangkit?

10. [Pada akhir cerita ini, reporter bisa seakan-akan ada di siaran TV (dengan duduk di depan TV yang terbuat dari kardus yang dilubangi) dan meringkas seluruh berita tentang kematian dan kebangkitan Yesus secara singkat, dengan gaya seorang reporter TV.]

Penutup
-------

Pada akhir siaran ini reporter boleh mengundang anak-anak untuk percaya kepada Kristus yang telah bangkit. Yesus mati karena Ia adalah manusia, tapi Yesus juga bangkit karena Ia adalah Allah yang berkuasa atas kematian. Jelaskan juga bahwa Hari PASKAH adalah hari yang dirayakan untuk memperingati kemenangan orang-orang Kristen yaitu mereka yang percaya dan menerima Yesus sebagai Juruselamat yang telah bangkit dari kematian.


Cari semua situs SABDA

Loading
Cari misalnya: 'alkitab'
Akan membuka halaman baru

Selamat Natal 2014 dan Tahun Baru 2015


Hadiah Natal 2014


android.sabda.org

Fanpage Paskah


Tinggalkan Komentar ()

Cari di Alkitab

Ketik kata atau ayat untuk mencari bahan Natal di Alkitab SABDA:

Alkitab Bahan Biblika

Paling Populer

Follow Us On:



Belum menjadi anggota? Daftar
*
*
Lupa Kata Sandi

Situs baru!

Dapatkan bahan-bahan Paskah lainnya di situs baru YLSA:

Kunjungi situs TOP Paskah

Mencari Bahan Natal?